Monday, August 13, 2018

Kelapa Kopyor Perlu Segera Hak Paten Agar Tak Didahului Filipina

Image result for kelapa kopyor

JAKARTA (Pos Kota) – Kelapa kopyor yang merupakan hasil perkebunan asli kabupaten Pati, Jawa Tengah, perlu segera mendapatkan hak paten. Usaha untuk mendapatkan hak paten itu mendesak dilakukan untuk antisipasi agar tidak didahului oleh negara lain, karena berhembus kabar akan di klaim oleh negara Philipina.

“Jika ada usaha untuk mengklaim hasil perkebunan asli kita, maka langkah dan usaha kita adalah dengan segera mempatenkan kelapa kopyor itu,” kata anggota anggota DPR Imam Suroso, Senin (23/8).
“Sebab kalau aset ini dibiarkan maka akan diambil dan diklaim menjadi hak paten negara lain, padahal ini adalah peninggalan leluhur kita yang luar biasa untuk bisa kita kembangkan,” ujarnya menceritakan hasil kunjungannya ke sentra perkebunan kelapa kopyor di daerah Tayu, Kabupaten  Pati, Jawa Tengah, belum lama ini.
Ia akan membawa hasil kunjungannya tersebut ke rapat terbatas di DPR, agar ada anggaran  tersendiri untuk pengembangan kelapa kopyor. Imam Suroso juga akan membantu mencarikan investor, bahkan dirinya juga siap berinvestasi demi pengembangan kelapa kopyor tersebut.
Kelapa kopyor di Indonesia memang telah dihasilkan di beberapa daerah, tetapi untuk jenis kelapa kopyor yang paling terkenal akan kualitasnya dan telah melalui tahap penelitian Balitbang  Kementan adalah jenis Kelapa Kopyor Genjar dari kabupaten Pati, Jawa Tengah.
Jenis kelapa kopyor genjah Pati memiliki ciri fisik yang lebih kecil dari tipe kelapa dalam. Tetapi untuk rasa kelapa kopyornya jauh lebih enak daripada kelapa kopyor yang dihasilkan dari tipe kelapa dalam.
Kelapa kopyor genjah Pati dikembangkan oleh warga sekitar dengan cara sistem generatif (indukan) yang memiliki kualitas unggulan. Dan hasil pengembangan tersebut dalam bentuk bibit dan yang sudah ditanam menunjukkan keberhasilannya dengan menghasilkan kualitas bibit keturunan yang baik
Tayu adalah sebuah daerah kecamatan di kabupaten Pati yang menjadi sentra pengembangan kelapa kopyor genjah Pati. Dari tahun ke tahun, permintaan buah dan bibit kelapa kopyor dari luar daerah semakin meningkat. Harga jual dari buah dan bibit kelapa kopyor juga sangat tinggi. (*/win)

sumber

No comments:

Post a Comment