Monday, April 27, 2020

Kehidupan berbasis silikon mungkinkah ?

Layaknya Manusia, Ilmuwan Sebut Alien Dibentuk dari Seleksi Alam

Dini Listiyani · Kamis, 02 November 2017 - 19:05 WIB
Layaknya Manusia, Ilmuwan Sebut Alien Dibentuk dari Seleksi Alam
Alien Berpotensi Dibentuk dari Seleksi Alam (Foto: Shutterstock)
JAKARTA, iNews.id - Alien masih menjadi pembahasan yang menarik untuk dibicarakan. Bahkan, sebuah klaim terbaru menyebutkan bahwa alien disebut memiliki bentuk yang mirip dengan manusia.


Studi terbaru menunjukkan bahwa alien berpotensi dibentuk oleh proses yang sama yang membentuk manusia seperti seleksi alam, dan bahkan mungkin mereka (alien) terlihat seperti manusia.
Peneliti dari Universitas Oxford telah menunjukkan untuk pertama kalinya bagaimana teori evolusioner bisa digunakan untuk memprediksi perilaku alien. Teori mereka mendukung argumen bahwa bentuk kehidupan asing menjalani seleksi alam, dan seperti manusia, ia berkembang menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu.

"Tugas mendasar bagi ahli astrobiologi sedang memikirkan kehidupan extra-terrestrial apa adanya. Tapi membuat prediksi tentang alien itu sulit," kata Sam Levin, ketua penulis studi yang dikutip dari Daily Mail, Kamis (2/11/2017).
"Kami hanya memiliki satu contoh kehidupan, kehidupan di Bumi untuk bentuk extrapolate. Pendekatan masa lalu di bidang astrobiologi sebagian besar bersifat mekanistik, mengambil apa yang kita lihat di Bumi, dan apa yang kita ketahui tentang kimia, geologi, dan fisika untuk membuat prediksi tentang alien. Di makalah kami, kami menawarkan pendekatan alternatif yaitu menggunakan teori evolusioner untuk membuat prediksi yang independen terhadap detail Bumi. Ini merupakan pendekatan yang berguna, karena prediksi teoritis akan berlaku untuk alien yang berbasis silikon, tidak memiliki DNA, dan menghirup nitrogen misalnya," lanjutnya.




Dengan menggunakan ide seleksi alam alien sebagai kerangka kerja, para peneliti membahas evolusi extra-terrestrial dan bagaimana kompleksitas akan muncul di luar angkasa. Di Bumi, spesies telah menjadi lebih kompleks sebagai hasil dari beberapa kejadian.
Transisi ini terjadi ketika sekelompok organisme terpisah berevolusi menjadi organisme tingkat tinggi yakni ketika sel menjadi organisme multi-seluler.
Di samping itu, data menunjukkan bahwa kondisi ekstrem diperlukan untuk transisi besar terjadi, dan hal yang sama mungkin berlaku untuk alien. Dari segi tampilannya, para peneliti membuat sejumlah prediksi tentang alien.
"Kami masih belum bisa mengatakan apakah alien akan berjalan dengan dua kaki atau memiliki mata hijau besar. Tapi kami percaya bahwa teori evolusioner menawarkan alat tambahan yang unik untuk mencoba memahami seperti apa itu alien, dan kami telah menunjukkan beberapa contoh prediksi kuat yang bisa kami buat dengannya," kata Levin.
"Dengan memprediksi bahwa alien telah mengalami transisi besar, kita bisa mengatakan bahwa ada tingkat prediktabilitas terhadap evolusi yang akan menyebabkan mereka terlihat seperti kita. Seperti manusia, kita memprediksikan bahwa mereka terdiri dari hierarki entitas, yang semuanya bekerja sama untuk menghasilkan alien. Pada setiap tingkat organisme akan ada mekanisme untuk menghilangkan konflik, menjaga kerjasama, dan menjaga agar organisme tetap berfungsi," jelasnya.



Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa ada potensi ratusan ribu planet yang bisa dihuni galaksi ini. "Kita tidak bisa mengatakan apakah kita sendirian di Bumi atau tidak, tapi kita telah maju sedikit dalam menjawab, 'jika kita tidak sendirian seperti apa tetangga kita'."

Editor : Dini Listiyani

sumber

1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*co
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete