Monday, August 6, 2018

Inilah 6 Manfaat Yang Layak Anda Ketahui Dari Kelapa Kopyor, Nomor 6 sangat Unik Khusus Untuk Kaum Pria

Diposting pada 10 January 2018 oleh ALI ARWANI 

Manfaat kelapa Kopyor


Manfaat kelapa Kopyo

Kebanyakan orang menyantap kelapa kopyor dengan maksud hanya memuaskan diri atas lezatnya buah tersebut. Cita rasanya yang lembut, gurih dan manis seolah menari-nari didepan mata. Apalagi bila dinikmati saat hari sedang panas, kesegaran kelapa kopyor ini memang tiada bandingannya. Namun tahukah Anda bahwa saat menikmati kelezatan buah kelapa kopyor tanpa disadari Anda juga banyak mendapatkan manfaat lainnya?
Nutrisi penting apa yang dikandungnya? Adakah penyakit-penyakit yang bisa dicegah bahkan bisa disembuhkan dengan hanya mengkonsumsinya? Silahkan Anda melanjutkan jika ingin mengetahui kejelasannya.
Kelapa kopyor sebenarnya adalah buah kelapa biasa yang mengalami kelainan saat pertumbuhan dan perkembangannya. Apabila dilihat sekilas kenampakan fisik buah kelapa kopyor tidak cantik seperti buah kelapa normal. Bagian dalamnya terlihat bergumpal-gumpal, tercampur aduk dan berantakan, kopyor, dengan kata lain buruk rupa. Kata kopyor sendiri menurut sebagian masyarakat di Jawa Tengah disebut garoh, adalah kelainan genetik pada buah kelapa. Ciri kelainan ini adalah daging buah yang empuk dan terlepas dari tempurungnya, jumlah air kelapa sedikit, dan aroma yang khas yang berbeda dari daging kelapa biasa. Sifat ini merupakan hasil mutasi spontan di bagian mayang yang bersifat setempat (biasa dikenal dalam botani sebagai chimera). Perubahan sifat ini dapat terjadi pada saat setelah pembuahan atau bahkan sebelumnya.
r

Manfaat Kelapa Kopyor

Buah kelapa kopyor sangat disukai orang karena rasanya yang menyegarkan bila disajikan sebagai minuman. Air dan daging kelapa bercampur tetapi tidak larut, oleh karena itu masih terlihat gumpalan-gumpalan daging pada air kelapanya, menghasilkan citarasa gurih dan manis. Daging buah kelapa kopyor baik dijadikan sebagai campuran dalam pembuatan roti, kembang gula, es krim, koktil, candy dan khusus di Indonesia digunakan sebagai minuman segar.
Selain memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, ternyata kandungan nutrisi buah kelapa kopyor ini juga tidak kalah dengan buah kelapa jenis lainnya yang terdiri dari Karbohidrat, Protein, Lemak, Abu, Serat kasar, Gula pereduksi, Calsium dan Phosphor. selain itu, sebagian besar air kelapa kopyor banyak mengandung nutrisi sukrosa (92% dari total gula yang terkandung), nutrisi ini sangat cepat dan mudah larut di dalam tubuh dan bisa diubah tubuh menjadi energi. Sebaliknya, kelapa biasa gula yang terkandung didalamnya adalah glukosa dan fruktosa.
Buah Kelapa Kopyor
Buah Kelapa Kopyor
Adapun berdasarkan masing-masing bagiannya, buah kelapa kopyor memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Air kelapa kopyor

Air kelapa kopyor sangat baik untuk dikonsumsi, terutama saat buahnya masih muda, selain dapat menghilangkan dahaga di saat kehausan, air kelapa muda memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Lebih jauh lagi air kelapa juga dipercaya berkhasiat dan mempunyai nilai gizi yang tinggi. Tak hanya unsur makro berupa nitrogen dan karbon, tetapi juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan tubuh terkandung dalam air kelapa. Unsur penting lainnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin.
Fakta yang cukup mencengangkan adalah asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi dibandingkan asam amino yang terdapat di susu sapi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa berupa mineral yang dibutuhkan sebagai penganti ion tubuh. Oleh karena itu wajar jika setelah minum kelapa muda tubuh kita terasa kembali segar. Jika diteliti lebih jauh, air kelapa ternyata juga mengandung beragam vitamin. Di antaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Di samping itu, secara khusus, air kelapa kaya akan potasium (kalium). Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7 sampai 2,6 persen) dan protein (0,07- 0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian ini, maka air kelapa berpotensi dijadikan bahan baku produk pangan.
Berikut ini adalah beberapa resep obat tradisional dengan bahan baku air kelapa disertai langkah-langkah pembuatannya :
  • Obat mengatasi dehidrasi dan kelelahan
    Buat minuman dari campuran air kelapa dengan sedikit gula, bisa pula ditambahkan es jika berselera. Efek isotonik alami akan Anda segera rasakan.
  • Obat gatal-gatal
    Buat beras menjadi berasa asam dengan cara merendamnya sebanyak satu genggam kedalam air kelapa yang masih berada dalam tempurung selama 5-7 jam. Lalu giling beras itu hingga halus (menjadi tepung). Kemudian oleskan bahan tersebut pada bagian tubuh yang gatal, eksim, luka, atau telapak kaki pecah. Lakukan setiap hari selama 3-4 hari.
  • Obat demam berdarah
    Buat minuman dari campuran air kelapa mudah hijau dengan air perasan jeruk nipis. Minum secara teratur beberapa kali setiap hari.
  • Obat luka bakar
    Buat campuran boreh dari sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih ditambah dengan air kelapa. Oleskan borehan tersebut pada bagian yang terkena luka bakar.
  • Obat cacingan pada anak
    Buat minuman dari campuran air kelapa muda yang diberi sedikit sari jeruk. Lalu minumkan kepada anak yang mengalami gangguan cacingan.
Buah kelapa Kopyor unggul
Buah kelapa Kopyor unggul

2. Daging buah kelapa kopyor

– Obat kejantanan
Pernahkah anda mendengar tentang ramuan madura? Tentu saja mendengar kata tersebut ingatan Anda akan merujuk pada ramuan yang bisa membuat seorang laki-laki perkasa. Konon ramuan madura dipercaya berkhasiat meningkatkan gairah seksual, sehingga banyak kaum Adam yang penasaran untuk mencicipi khasiatnya.
Ternyata dalam pembuatan Ramuan Madura bahan baku utamanya adalah buah kelapa kopyor. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut: Siapkan sebutir kelapa kopyor, sebotol minuman bersoda, dicampur 3 sendok makan susu kental, dan sesendok madu. Bahan-bahan itu diaduk sampai rata, maka jadilah jamu pembangkit gairah yang tokcer . Kemudian ramuan tersebut dibagi untuk 2 gelas. Satu untuk suami, satunya untuk istri. Untuk hasil yang maksimal minum ramuan ini 1 jam sebelum melakukan hubungan suami-istri. Hasilnya, ereksi (maaf, red) berlangsung lama. Sementara buat pasangannya, ramuan tersebut membuat tidak gampang capek. Itulah salah satu resep yang sudah turun-temurun dipercaya dan dipraktekkan orang Madura.
Demikianlah manfaat yang banyak ditimbulkan akibat mengkonsumsi buah kelapa kopyor. Semoga dengan mengetahuinya membuat Anda lebih ketagihan dan buntutnya Anda lebih sehat lagi. Terima ksaih

sumber

No comments:

Post a Comment