Tuesday, August 28, 2018

Potensi ekspor dari olahan daging kelapa kopyor



            Hasil gambar untuk potensi ekspor kelapa kopyor

Kelapa kopyor adalah tumbuhan yang menyukai iklim hangat, sehingga pohon kelapa kopyor sangat pas jika tumbuh di Negara-negara tropis seperti Indonesia. Menikmati sajian olahan dari daging buah kelapa kopyor merupakan kegiatan yang menyenangkan. Apalagi saat musim panas tiba, sungguh sangat segar saat menyantap minuman ini.
            Lain hal nya dengan Negara-negara subtropis seperti belanda, eropa, amerika dan Negara lain. Disana tidak tumbuh pohon kelapa kopyor, karena iklim yang tidak cocok dengan syarat tumbuh pohon kelapa kopyor. Sehingga mereka harus mengimpor kelapa kopyor dari Negara tropis penghasil kelapa kopyor.

            Indonesia merupakan Negara penghasil kelapa kopyor terbesar di dunia. Sehingga Indonesia mempunyai potensi besar mengembangkan komoditi ekspor dari olahan daging kelapa. Akan tetapi walaupun Indonesia adalah produsen kopyor terbesar, namun tetap saja kebutuhan olahan daging kelapa kopyor belum memenuhi keseluruhan kebutuhan daging kopyor dunia.
Menurut data riset perkebunan nusantara, Kelapa kopyor yang dihasilkan oleh perkebunan di Indonesia belum sampai mencapai 20% dari total keseluruhan produksi kelapa. Padahal jika ditinjau lebih dalam, nilai ekonomis kelapa kopyor 10x lipat dari kelapa biasa. Coba bayangkan, jika dapat digalakan penanaman bibit kelapa kopyor serentak, berapa banyak peningkatan ekonomi yang akan terjadi?
Potensi ekspor kelapa kopyor, juga merupakan peluang bagi kelapa kopyor sendiri untuk menjadi produk unggulan dalam negri. Dengan rasa unik dan tekstur yang khas juga lembut, serta di dukung potensi ekspor yang besar sebagai komoditas unggulan, maka budidaya kelapa kopyor dapat dipilih sebagai program penghijauan dan meningkatkan citra produksi pertanian nasional.
Cara mengekspor olahan dari daging kelapa kopyor dengan membekukan daging kelapa selama proses ekspor. Hal ini dapat mencegah terjadinya pertumbuhan mikroba, enzim maupun reaksi kimia lain. Cara pembekuan daging kelapa kopyor mempunyai prospek yang sangat baik bagi pengawetan dan penyimpanan hasil pertanian Indonesia.
Bagi anda yang memiliki lahan atau perkebunan, tidak ada salahnya berinvestasi jangka panjang dengan mencoba budidaya kelapa kopyor, dengan sekali membeli bibit kelapa kopyor akan dirasakan manfaatnya hingga berpuluh-puluh tahun, bahkan dapat diwariskan hingga anak cucu kelak. Segera hubungi kami untuk mendapatkan bibit kelapa kopyor yang jarang jual belikan secara bebas.

Bisnis.com, BOGOR - Guru Besar Bioteknologi Tanaman, Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian IPB, Sudarsono mengungkapkan komoditas kelapa kopyor mampu menyejahterakan para petani seiring dengan harganya yang relatif mahal.

"Di tingkat petani saja harganya sudah mencapai rerata Rp40.000 per butir, apalagi apabila di tingkat hilir," ujarnya di Kampus IPB, Kamis (25/2/2016).

Dia mengatakan permintaan kelapa kopyor di Indonesia sangat tinggi seiring ketersediaan produksinya yang dinilai minim atau tidak sebanding antara supply dan demand.

Saat ini, populasi pohon kopyor terbesar di Indonesia ada di Pati Jawa Tengah dengan jumlah sekitar 18.000 pohon. Sisanya berada di Lampung sekitar 5.000 pohon dan Jember 1.000 pohon.

Dia memberi contoh seorang warga di Pati Jawa Tengar dengan hanya menanam lima pohon di sekitar rumahnya mampu menyekolahkan anaknya ke jenjang perguruan tinggi.

Menurutnya, tidak perlu membutuhkan lahan hektaran untuk menanam kelapa kopyor. Cukup di tanam di halaman rumah dalam waktu lima tahun kelapa sudah bisa dipanen.

Namun, katanya, bibit kelapa kopyor memang langka dan relatif mahal. Oleh karena itu pihaknya saat ini tengah meneliti dengan pihak lain untuk merekayasa bagaimana agar bibit kelapa kopyor bisa diproduksi secara massif.

"Selama lima tahun kita lakukan penelitian dan sudah banyak membantu petani agar produksi bibitnya semakin banyak untuk kesejehteraan mereka," paparnya.




BIOTEKNOLOGI

No comments:

Post a Comment