Tuesday, January 21, 2020

Cara Mengolah Jahe, Bumbu Dapur Berasa Pedas Segar

(C) shutterstock

Jahe, merupakan tanaman yang tergolong dalam umbi-umbian ini biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah rasa dan aroma yang khas. Tapi jangan salah, jahe ternyata juga dapat diolah menjadi beragam jenis makanan. Jahe juga dikenal sebagai pemberi ciri khas makanan Asia.


Pada umumnya, jahe yang akan digunakan pasti dikupas dan dibersihkan terlebih dahulu. Dilansir dari laman okefood,com, jika Anda ingin memanfaatkan jahe sebagai bahan baku makanan, biasanya jahe cukup diparut atau diiris. Tentu Anda mengetahui banyak jenis makanan yang menggunakan jahe di dalamnya, seperti, kue jahe, ting-ting jahe dan masih banyak lagi.
Berbeda lagi dengan jahe yang telah dijus atau telah diproses menjadi sirup. Pada umumnya olahan jahe seperti ini digunakan sebagai campuran makanan yang dimasak dan dipanggang. Olahan jahe dalam bentuk jus atau sirup ini diyakini dapat tercampur sempurna pada makanan yang Anda buat. Contohnya saja pada pembuatan wedang ronde, dimana jahe digunakan sebagai bahan baku kuahnya yang hangat-hangat pedas itu lo Ladies!
Ada juga jahe yang diolah dalam bentuk acar. Banyak dari Anda yang tidak familiar dengan acar jahe bukan? Ya, kebanyakan orang Indonesia lebih suka membuat acar dari mentimun ataupun nanas. Di Jepang, acar jahe merah digunakan sebagai isian sushi. Sedangkan di Indonesia sendiri, jarang ditemui jahe yang diolah menjadi acar. Kebanyakan dari orang Indonesia lebih suka menghaluskan jahe jika digunakan sebagai bumbu masakan.
Nah Ladies, ternyata ada banyak cara untuk mengolah jahe. Anda sekarang tentu tidak bingung lagi kan dalam mengolah jahe? Selamat mencoba!
oleh: Rizky Anantya

sumber

No comments:

Post a Comment