Wednesday, March 11, 2020

7 Trik Supaya Bau Parfum Bisa Awet Seharian

Mencium wangi parfum di mal tentunya jadi salah satu kegiatan yang menyenangkan ketika sedang berbelanja. Tidak jarang promo yang ditawarkan membuat kita tergiur untuk membeli beberapa botol setelah mencium sample dari parfum tersebut. Parfum atau biasa dikenal juga sebagai minyak wangi memang menjadi alternatif wewangian yang disenangi banyak orang. Tidak hanya wanita, pria pun juga menyukai parfum. Menggunakan parfum bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang karena menyingkirkan bau badan yang tidak sedap setelah beraktivitas seharian. Tapi, apakah kamu sudah tahu kalau parfum bisa dibuat sendiri? Nah, begini tips agar parfum buatanmu bisa awet dan tahan lama dipakai seharian. Check this out!
1. Biang parfum
pixabay.com
Biang atau essence ini penting dalam pembuatan parfum. Kalau kalian ingin mencari biang parfum, cukup bilang bibit minyak wangi. Biang parfum baunya sangat menyengat, sehingga perlu campuran lain seperti alkohol atau pelarut lain supaya bisa digunakan. Alkohol yang digunakan untuk parfum ini berasal dari etanol. Ada baiknya untuk menggunakan alkohol 96% deodorized karena baunya sudah dihilangkan terlebih dahulu. Hal ini fungsinya agar parfum buatanmu tidak bau alkohol. Lalu, dicampur aquadest untuk melarutkan biang dan alkohol tadi. Juga tambahkan sedikit solubilizer dan Mono Propylene Glycol agar kulit tidak cepat kering ketika terkena parfum buatan sendiri.

2. Menggunakan pearl fix
pixabay.com
Peal fix adalah long last agent alias bahan yang membuat parfum lebih memiliki wangi yang lebih lama. Pilih pearl fix dengan label cosmetic atau pharmaceutical grade agar aman bagi kult kalian.
3. Non alkohol juga bisa
pixabay.com
Bagi beberapa orang, penggunaan alkohol bisa menyebabkan alergi. Mulai dari kulit kemerahan hingga bentol dan sakit. Untuk itu membuat parfum sendiri jauh lebih aman daripada beli di toko parfum. Penggunaan parfum non alkohol ini juga populer dikalangan muslim karena dianggap memenuhi syariat. Cara membuat parfum non alkohol adalah menggunakan wangi alami misalnya kulit lemon. Kulit buah lemon ini dicincang hingga wanginya keluar, dimasak dengan air hingga air menjadi hangat baru masukkan kulit lemon yang tadi sudah dicincang. Setelah aromanya keluar dengan cukup kuat, matikan api. Saring air tadi dan masukan ke botol sprai. Parfum non alkohol kalian sudah jadi deh!
4. Aroma sesukamu
pixabay.com
Namanya parfum, tentu inginnya sesuai dengan karakter yang memakai. Kalian bisa mencoba dengan aroma rempah yang kuat atau bunga-bunga yang segar. Jika aroma buah dirasa cocok dengan karakter kalian juga boleh. Aroma yang kalian pilih juga perlu dicoba sampai wanginya terasa kamu banget!
5. Pakai di area tertentu
www.pexels.com
Kalian pasti sudah tahu kalau area tertentu yang dimaksud adalah area di lipatan dan titik nadi yang ada di tubuh. Parfum buatanmu yang tadi sudah diracik sedemikian rupa bisa disemprotkan pada bagian pergelangan tangan, leher, lipatan tangan, belakang telinga, belakang lutut dan di antara payudara untuk wanita. Area tertentu itu membantu menyebarkan aroma keseluruh tubuh sehingga wangi lebih menempel pada kulit kalian.
6. Berhenti sempot di baju
pixabay.com
Untuk membuat parfum lebih wangi, kulit adalah tempat terbaik. Kulit dapat menyerap wangi lebih baik dibanding partikel pakaian sehingga wangi parfum akan awet. Apalagi partikel baju bisa bercampur keringat sehingga parfum yang kamu pakai malah hilang. Parfum yang kalian pakai dikulit, sebisa mungkin tidak digosok agar wanginya tahan lama. Penyimpanan parfum juga berpengaruh terhadap tingkat keawetan parfum. Jauhkan botol parfum dari sinar matahari langsung agar memiliki wangi yang tetap sama. Parfum yang terkena matahari langsung, berdampak pada wangi yang menguap dan menjadi berkurang.
7. Perhatikan jarak
pixabay.com
Jarang ada yang memperhatikan kalau jarak menyemprot parfum juga dapat membuat wewangian lebih awet. Jarak 15-25 cm merupakan jarak ideal untuk menyebarkan parfum lebih merata dan menjadi awet. Jarak penyemprotan ini membuat parfum lebih menyebar dan tidak membuat terlalu kuat dan menyengat. 
'.Memiliki aroma parfum khusus yang hanya kita seorang memang butuh proses yang panjang. Berkreasi dengan wewangian bisa jadi salah satunya. Kalau suka dengan hal yang personal, membuat parfum sendiri bisa membuatmu jadi memiliki satu point menarik dibanding orang lain.

sumber



No comments:

Post a Comment