Wednesday, March 11, 2020

etanol apa? fungsinya apa?

Jawabanmu

nita702
diahviolin
diahviolin
  • diahviolin 
  •  
  • Si Hebat
Etanol (C2H5OH) adalah senyawa jenis alkohol, dan merupakan zat aktif pada minuman beralkohol.
Etanol berfungsi untuk digunakan pada:
  1. Bahan minuman beralkohol
  2. Bahan industri untuk cairan pembersih (disinfektan)
  3. Bahan bakar kendaraan bermotor (bioetanol)
  4. Bahan pelitur (furnish)
  5. Bahan pelarut parfum
  6. Pengisi termometer
  7. Bahan bakar lampu spiritus
Pembahasan:  
Etanol memiliki rumus kimia C2H5OH. Ethanol juga disebut Ethyl Alcohol. Ethanol adalah anggota dari kelompok senyawa alkohol (dengan gugus fungsi hidroksil atau -OH). Senyawa ini dalam suhu kamar berbentuk cairan yang jernih, tidak berwarna dengan bau yang harum.  

Ethanol adalah komponen kimia utama pada minuman beralkohol. Kandungan etanol membuat peminum menjadi mabuk dan kehilangan kesadaran. Etanol dalam minuman biasanya dihasilkan dari fermentasi bahan makanan, seperti gandum, buah anggur dan gula, dengan bantuan mikroba.
Untuk keperluan konsumsi manusia dalam bentuk minuman keras, ethanol dibuat dengan fermentasi karbohidrat. Misalnya dengan fermentasi glukosa dibantu dengan ragi dengan reaksi:
C6H12O6 => 2 C2H5OH + 2CO2
Selain alkohol dalam minuman keras, hampir semua etanol yang digunakan industri adalah campuran etanol 95% dan 5% air, yang dikenal dengan 95% alkohol.  
Pada industri, etanol digunakan secara luas sebagai pelarut dalam pembuatan pelitur (furnish) dan parfum. Etanol juga digunakan sebagai pengawet untuk spesimen biologis, misalnya menyimpan hewan kecil yang mati di tabung pada laboratorium.
Di bidang kedokteran, etanol digunakan sebagai disinfektan untuk membunuh mikroba yang dapat menyebabkan infeksi.
Etanol dapat digunakan sebagai zat tambahan bahan bakar bensin (bioetanol). Banyak mobil yang diproduksi kini telah bisa campuran hingga kadar etanol 85% dan bensin 15%.  
Selain itu, etanol digunakan sebagai pengisi termometer, untuk menggantikan raksa (merkuri) yang berbahaya bagi kesehatan.
Sebagai alkohol dan turunan senyawa hidrokarbon, etanol mudah terbakar, sehingga digunakan dalam bahan bakar spiritus.

sumber

No comments:

Post a Comment