Monday, November 5, 2018

INI ALASAN KENAPA KELAPA KOPYOR LEBIH MAHAL DARI KELAPA BIASA !!!



Tidak sedikit yang tidak tau apa itu kelapa kopyor dan bedanya dengan kelapa biasa. Kelapa kopyor adalah kelapa juga, dari jenis pohon yang sama tetapi buah yang satu ini tidak ditemukan di tiap pohon kelapa. Jika kelapa muda lebih susah dicari dibandingkan dengan kelapa tua, kelapa kopyor lebih susah lagi, oleh sebab harganya pun lebih mahal dari kelapa biasa (dapat mencapai empat sampai lima kalinya). Kopyor dalam bahasa jawa artinya antara air dan daging kelapa bercampur tetapi tidak larut, oleh karena itu anda masih bisa melihat gumpalan gumpalan daging pada air kelapa tersebut. Bagi yang sering minum air kelapa kopyor dan air kelapa biasa bisa tau apa perbedaan antara keduanya. Perbedaan lain antara keduanya adalah jika kelapa biasa dikocok buahnya (sebelum dibuka) maka akan terdengar atau terasa air yang sedang diguncang-guncang di dalam, kalau buah kelapa kopyor dikocok maka yang terasa seperti sedang mengocok pasir di dalam.

Buah kelapa kopyor sering menjadi minuman penyejuk dahaga ini ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan dan juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Beberapa khasiat kelapa kopyor bagi kesehatan yakni untuk meredakan gatal-gatal, luka bakar, memulihkan demam berdarah dan meningkatkan stamina tubuh. Di Indonesia, pemanfaatan kelapa kopyor lebih ditujukan untuk kebutuhan konsumsi bahan pangan berupa es kopyor, es krim kopyor, koktil, selei kopyor dan bahan campuran kue. Sedangkan di Filipina, jenis produk yang dapat dihasilkan dari kelapa kopyor sudah berkembang menjadi lebih beragam, antara lain makapuno coconut candy, pure makapuno preserved (buah kaleng), bokupai (kue kelapa) dan manisan.


Kopyor adalah kelainan genetik pada buah kelapa. Salah satu ciri kelainan dari buah ini adalah dagingnya yang terlepas dari tempurungnya dan airnya pun agak sedikit dan beraroma khas yang berbeda dibandingkan dengan kelapa biasa. Karena banyaknya orang yang suka minum kelapa kopyor dan semakin tingginya jumlah permintaan dari kafe/restoran menyebabkan para peneliti Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan mengembangkan bibit kelapa kopyor secara komersial melalui teknik kultur embrio. Metode kultur embrio ini memungkinkan bibit kelapa kopyor dirakit dengan melalui pengkulturan embrio nya secara in vitro pada media buatan. Itulah alasan kenapa harga kelapa kopyor, sepuluh kali lebih mahal dibandingkan dengan kelapa biasa. “Rasanya yang nikmat membuat banyak orang menyukai produk kelapa kopyor.

Nah, buat pecinta kelapa Kopyor dan buat yang uda tau manfaat pentingnya mengkonsumsi Kelapa Kopyor,, cobain nih variasi minuman kelapa Kopyor khas Restoran Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk Sunter, namanya EKO (Es Kopyor), EKA (Es Kopyor Alpukat) dan EKODU (Es Kopyor Durian).. rasanya segerrr bangettt !!!! RECOMMENDED TASTE...

2 comments: