Tuesday, October 30, 2018

Bagaimana Proses Biokimia Itu, Ini Penjelasannya



Biokimia adalah studi menarik tentang proses kimia dan transformasi organisme hidup. Dalam mempelajari biokimia, menghafal fakta tidak akan membuat Anda menjadi ahli biokimia yang baik. Seorang mahasiswa biokimia yang baik harus memahami prinsip-prinsip biokimia dan harus bisa menerapkan pengetahuan ke kehidupan sehari-hari. Hasil yang baik dalam gelar biokimia akan memungkinkan Anda untuk mengejar gelar yang lebih tinggi di bidang yang berbeda. Karirnya bijak, gelar biokimia menawarkan berbagai prospek karir baik sektor publik maupun swasta.
Biokimia adalah salah satu bidang crossover kimia. Ahli biokimia harus memahami dunia kehidupan dan dunia kimia. Bahkan jika Anda tidak ingin menjadi ahli biokimia, Anda masih perlu menjadi atom dan anolekul sebagai ahli biologi. Anda juga harus tahu tentang kimia organik; bidang kimia yang jauh lebih besar.

Biokimia merupakan studi tentang struktur dan fungsi molekul biologis seperti protein, asam nukleat, karbohidrat dan lipid. Biokimia juga digunakan untuk menggambarkan teknologi yang sesuai dengan interaksi dan fungsi anolekul biologis, termasuk teknik tradisional seperti metode Western blotting, co-immunoprecipitation, dan kromatografi.
Hal utama yang harus diingat adalah bahwa biokimia adalah kimia dari dunia yang hidup. Tanaman, hewan dan organisme bersel tunggal semuanya menggunakan senyawa kimia dasar yang sama untuk menjalani kehidupan mereka. Biokimia bukan tentang sel atau organisme. Ini adalah bagian terkecil dari organisme tersebut, yaitu nol. Ini juga tentang siklus yang menciptakan senyawa biologis tersebut.
Mengulangi Siklus Biokimia
Anda mungkin bisa berpikir bahwa siklus biokimia berulang-ulang. Siklus tersebut memungkinkan makhluk hidup untuk hidup di Bumi. Ini bisa menjadi proses fotosintesis konstan yang menciptakan gula pada tanaman atau membangun protein kompleks di sel tubuh Anda. Siklus juga bergantung pada enzim dan protein lainnya pada atom dan anolekul bergerak. Memahami molekul pembantu sama pentingnya dengan belajar tentang siklus itu sendiri.
Setiap siklus memiliki tempat dan masing-masing hanya sepotong kecil yang membantu organisme bertahan. Pada setiap siklus, molekul digunakan sebagai reaktan dan kemudian diubah menjadi produk. Hidup adalah jaringan aktivitas yang besar dimana masing-masing bagian bergantung pada semua yang lain. Senyawa, seperti herbisida, hanya bisa mematahkan satu bagian dari siklus di pabrik.
Namun, karena semua kebutuhan untuk bekerja sama, seluruh tanaman akhirnya mati. Ahli kimia lingkungan melihat bagaimana senyawa kimia mempengaruhi makhluk hidup dan dunia di sekitar Anda.
Mulailah dengan Dasar
Kita bisa saja membicarakan siklus sampai saat ini. Namun, ini penting bagi Anda untuk memahami berbagai jenis anolekul yang akan Anda temukan dalam biokimia. Anda tidak akan masuk ke siklus asam sitrat dan sepuluh langkahnya. Anda bahkan tidak akan melihat langkah kesebelas dalam pemecahan glukosa. Pada tingkat pemahaman Anda, cukup untuk mengetahui perbedaan antara steroid, asam amino dan karbohidrat.
Akan ada banyak waktu bagi Anda untuk mengingat jalur dan pergerakan molekul selama setiap langkah siklus.

Apa itu biokimia?

Biokimia adalah cabang sains yang mengeksplorasi proses kimia di dalam dan organisme hidup yang terkait dengannya. Ini adalah ilmu berbasis laboratorium yang menggabungkan biologi dan kimia bersama. Dengan menggunakan pengetahuan dan teknik kimiawi, ahli biokimia dapat memahami dan memecahkan masalah biologis.
Biokimia berfokus pada proses tingkat molekuler. Ini berfokus pada apa yang terjadi di dalam sel kita, mempelajari komponen seperti protein, lipid dan organel. Ini juga melihat bagaimana sel berkomunikasi satu sama lain, misalnya selama pertumbuhan atau penyakit tempur. Ahli biokimia perlu memahami bagaimana struktur anole berhubungan dengan fungsinya, memungkinkan mereka untuk memprediksi bagaimana molekul akan berinteraksi.
Biokimia mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk genetika, mikrobiologi, forensik, sains tanaman dan obat-obatan. Karena luasnya, biokimia sangat penting dan kemajuan dalam bidang sains ini selama 100 tahun terakhir telah mengejutkan. Ini adalah saat yang sangat mengasyikkan untuk menjadi bagian dari bidang studi yang menarik ini.
Umumnya, ini adalah studi menarik tentang proses kimia dan transformasi organisme hidup. Ini adalah salah satu disiplin akademis dalam ilmu kehidupan yang mempelajari struktur, fungsi, metabolisme dan mekanisme sel dalam sel; seperti protein, karbohidrat, lipid dan asam nukleat, sampai tingkat molekuler.
Apakah biokimia dan biologi molekuler / sel berarti sama?
Tidak, mereka tidak sama. Namun, isi setiap disiplin (biokimia, molekuler dan biologi sel) tumpang tindih. Biologi sel adalah studi tentang sel, yang mencakup sifat fisiologis dan struktur sel, organel yang dikandungnya, bagaimana mereka berinteraksi dengan lingkungan, siklus hidup, pembagian dan kematian mereka. Sedangkan biologi molekuler mempelajari molekul biologis, dan ruang lingkupnya meliputi kimia, genetika dan biokimia.

Apa yang dilakukan ahli biokimia?

Berikan ide dan eksperimen baru untuk memahami bagaimana kehidupan bekerja
· Dukung pemahaman kita tentang kesehatan dan penyakit
· Kontribusi informasi yang inovatif terhadap revolusi teknologi
Bekerja sama dengan ahli kimia, fisika, profesional kesehatan, pembuat kebijakan, insinyur dan banyak profesional lainnya.
Pada dasarnya, biokimia adalah studi tentang proses kimia yang terjadi pada materi kehidupan. Namun, definisi sederhana ini mencakup bidang riset yang sangat beragam yang hampir menyentuh kehidupan kita dari semua aspek. Salah satu masalah yang paling mendesak di masyarakat, degradasi lingkungan, disebut oleh ahli biokimia.
Biomemediasi tanah yang tercemar, biodiesel dari produksi, kimia, biofuel, pemetaan genetik ekosistem dan metode keanekaragaman hayati dan pemantauan untuk kimia, misalnya, beberapa contoh pekerjaan sedang dilakukan dalam perbaikan fotosintesis, hasil panen, bioremediasi tanah tercemar, persediaan pakan baru, bahan kimia, biofuel, meningkatkan penangkapan karbon secara biologis.
Ini dan teknologi biokimia lainnya bisa menjadi sarana hidup yang berkelanjutan untuk menemukan usaha kita dalam bermain peran penting. Mungkin aplikasi biokimia yang paling jelas dalam kehidupan sehari-hari kita ada di bidang penelitian kesehatan. Biokimia telah menjadi kunci bagi pemahaman kita tentang berbagai masalah kesehatan; Dari diabetes sampai arteriosklerosis hingga kanker.
Alat-alat dari ahli biokimia telah mengidentifikasi gangguan gen, protein dan jalur yang menyebabkan penyakit dan dalam banyak kasus, mengarahkan kita untuk pencegahan, perawatan atau pengobatan. Dari aspirin sampai interleukin, pengobatan penyakit manusia sangat bergantung pada biokimia. Banyak hal lain, yang kurang jelas, masyarakat kita tentang aspek-aspek ini juga diubah dan diperbaiki oleh penelitian biokimia.
Industri ini sedang ditransformasikan karena kimia biologis digunakan untuk menghasilkan bahan baru dengan sifat baru atau untuk meningkatkan efisiensi proses yang lebih tua. Penegakan hukum semakin bergantung pada forensik berbasis biokimia untuk memberikan bukti dalam penyelidikan. Arkeologi berkembang dengan cepat karena sisa-sisa orcestral kita dari investigasi genetik dan isotop banyak sejarah manusia dan sejarah pra-sejarah.
Akan sulit untuk melebih-lebihkan peran biokimia sepanjang hidup kita. Tidak diragukan lagi banyak penemuan menakjubkan dan transformasional terbentang di depan. Makanya diharapkan Anda memilih untuk mengeksplorasi banyak peluang dan kemungkinan biokimia!
Biokimia adalah penerapan kimiawi terhadap proses biologis di tingkat seluler dan molekuler. Ini muncul saat abad ke-20 awal sebuah disiplin yang berbeda muncul saat ilmuwan kimia sistem kehidupan kimia, fisiologi dan biologi melakukan penyelidikan.

Studi tentang kehidupan dalam proses kimia

Biokimia adalah ilmu kehidupan dan ilmu kimia, ia mengeksplorasi kimia organisme hidup dan dasar molekuler untuk perubahan yang terjadi pada sel hidup. Menggunakan metode kimia, fisika, biologi molekuler dan imunologi untuk mempelajari struktur dan perilaku molekul perilaku yang ditemukan dalam bahan biologis dan metode anolekul ini membentuk sel, bissu dan seluruh organisme berinteraksi.
Ahli biokimia tertarik, misalnya, dalam mekanisme fungsi otak, multiplikasi dan diferensiasi seluler, komunikasi di dalam dan di antara sel dan organ dan basis kimia pewarisan dan penyakit. Ahli biokimia berusaha untuk menentukan bagaimana anolekul spesifik seperti protein, asam nukleat, lipid, vitamin dan hormon berfungsi dalam proses tersebut. Penekanan khusus ditempatkan pada regulasi reaksi kimia dalam sel hidup.
Ilmu penting
Biokimia telah menjadi dasar bagi semua proses pemahaman biologis. Telah disediakan penjelasan tentang banyak penyakit pada manusia, hewan dan tumbuhan. Sering dapat menyarankan cara dimana penyakit tersebut dapat diobati atau disembuhkan.
Sebuah ilmu praktis
Karena biokimia berusaha untuk menghilangkan reaksi kompleks kimia yang terjadi dalam berbagai bentuk kehidupan, ini memberikan dasar untuk kemajuan praktis dalam bidang kedokteran, kedokteran hewan, pertanian dan bioteknologi. Ini mendasari dan mencakup bidang baru yang menarik seperti genetika molekuler dan bioteknologi.
Ahli biokimia yang dikembangkan oleh pengetahuan dan metode diterapkan pada semua bidang kedokteran, di bidang pertanian dan di banyak industri kimia dan kesehatan. Biokimia juga unik dalam memberikan pengajaran dan penelitian di kedua struktur protein / fungsi dan rekayasa genetika, dua komponen dasar bidang bioteknologi yang berkembang pesat.
Sebuah ilmu yang bervariasi
Sebagai ilmu dasar yang paling luas, biokimia mencakup banyak subspesialisasi seperti neurokimia, kimia bioorganik, biokimia klinis, biokimia fisik, genetika molekuler, farmakologi biokimia dan imunokimia. Kemajuan terbaru di bidang ini telah menciptakan hubungan antara teknologi, teknik kimia dan biokimia.

Jenis Molekul Biokimia

Jenis utama anolekul biologis atau biomolekul adalah:
  • Karbohidrat
  • Lipid
  • Protein
  • Asam nukleat
Banyak dari molekul ini adalah molekul kompleks yang disebut polimer, yang terbuat dari subunit monomer. Molekul
biokimia didasarkan pada karbon.
Elemen Karbohidrat dan Kimia
Karbohidrat atau sakarida adalah kelas biomolekul yang paling melimpah. Karbohidrat digunakan untuk menyimpan energi, meski juga melayani fungsi penting lainnya. Ini adalah gambaran kimia karbohidrat, termasuk melihat jenis karbohidrat, fungsinya, dan klasifikasi karbohidrat.
Daftar elemen karbohidrat
Semua karbohidrat mengandung tiga unsur yang sama, apakah karbohidrat adalah gula sederhana, pati, atau polimer lainnya.
Unsur-unsur ini adalah:
  • Karbon (C)
  • Hidrogen (H)
  • Oksigen (O)
Karbohidrat yang berbeda terbentuk dengan cara unsur-unsur ini terikat satu sama lain dan jumlah masing-masing jenis atom. Biasanya, rasio atom hidrogen terhadap atom oksigen adalah 2: 1, yang sama dengan air dalam rasio.
  • Apa itu Karbohidrat

Kata “karbohidrat” berasal dari kata Yunani sakharon, yang berarti “gula”. Dalam kimia, karbohidrat adalah kelas umum dari senyawa organik sederhana. Karbohidrat adalah aldehid atau keton yang memiliki gugus hidroksil tambahan. Karbohidrat yang paling sederhana disebut monosakarida, yang memiliki struktur dasar (C · H2O) n, dimana n tiga atau lebih.
Dua monosakarida bersama dengan bentuk disakarida. Monosakarida dan disakarida disebut gula dan biasanya memiliki nama yang berakhir dengan akhiran – a. Lebih dari dua ikatan monosakarida bersama membentuk oligosakarida dan polisakarida. Dalam pemakaian sehari-hari, kata “karbohidrat” mengacu pada makanan yang mengandung kadar tinggi gula atau pati.
Dalam konteks ini, karbohidrat meliputi gula meja, jelly, roti, sereal dan pasta, meski makanan ini mengandung senyawa organik lainnya. Misalnya, sereal dan pasta juga mengandung beberapa tingkat protein.
  • Fungsi karbohidrat

Karbohidrat melayani banyak fungsi biokimia:
  1. Monosakarida adalah bahan bakar untuk metabolisme sel.
  2. Monosakarida digunakan dalam banyak reaksi biosintesis.
  3. Monosakarida dapat diubah menjadi polisakarida hemat-udara, seperti glikogen dan pati. Molekul ini menyediakan energi yang tersimpan untuk sel tumbuhan dan hewan.
  4. Karbohidrat digunakan untuk membentuk unsur struktural, seperti chitin pada hewan dan selulosa pada tanaman.
  5. Karbohidrat dan karbohidrat yang dimodifikasi penting untuk pemupukan organisme, pengembangan, pembekuan darah dan fungsi sistem kekebalan tubuh.
Contoh karbohidrat
  • Monosakarida: glukosa, fruktosa, galaktosa
  • Disakarida: sukrosa, laktosa
  • Polisakarida: kitin, selulosa
Klasifikasi karbohidrat
Tiga karakteristik digunakan untuk mengklasifikasikan monosakarida:
  • Jumlah atom karbon dalam molekul
  • Lokasi gugus karbonil
  • Kiralitas karbohidrat
Aldose – monosakarida dimana gugus karbonil adalah aldehid
Keton – monosakarida dimana gugus karbonil adalah keton
Triose – monosakarida dengan 3 atom karbon
Tetrosa – monosakarida dengan 4 atom karbon
Pentosa – monosakarida dengan 5 atom karbon
Hexose – monosakarida dengan 6 atom karbon
Aldoheksosa – 6-karbon aldehida (mis., glukosa)
Aldopentose – 5-karbon aldehida (mis., ribosa)
Ketoheksosa – hexose 6-karbon (mis., fruktosa)
Monosakarida adalah D atau L tergantung pada orientasi karbon asimetris yang berada paling jauh dari gugus karbonil. Dalam gula D, gugus hidroksil berada di sebelah kanan molekul bila ditulis sebagai proyeksi Fischer. Jika gugus hidroksil berada di sebelah kiri molekul, maka itu adalah gula L.

Bagaimana biokimia dapat digunakan?

Biokimia digunakan untuk mempelajari proses biologis yang terjadi pada sel dan organisme.
Biokimia dapat digunakan untuk mempelajari sifat anolekul biologis, untuk berbagai keperluan. Sebagai contoh, seorang ahli biokimia dapat mempelajari karakteristik rambut dalam keratin sehingga sampo dikembangkan agar kutukan atau kelembutan meningkat.
  • Ahli biokimia menemukan penggunaan untuk biomolekul. Misalnya, seorang ahli biokimia bisa menggunakan lipid tertentu sebagai bahan tambahan makanan.
  • Sebagai alternatif, ahli biokimia mungkin menemukan pengganti biomolekul secara normal. Misalnya, ahli biokimia membantu mengembangkan pemanis buatan.
  • Ahli biokimia dapat membantu sel menghasilkan produk baru. Terapi gen berada dalam ranah biokimia. Perkembangan mesin biologis berada dalam ranah biokimia.

Apa yang Dilakukan Biokimia?

Banyak ahli biokimia bekerja di laboratorium kimia. Beberapa ahli biokimia dapat fokus pada pemodelan, yang akan membuat mereka bekerja dengan komputer. Beberapa ahli biokimia bekerja di lapangan, mempelajari sistem biokimia dalam suatu organisme. Ahli biokimia biasanya dikaitkan dengan ilmuwan dan insinyur lainnya.
Beberapa ahli biokimia berafiliasi dengan universitas dan mereka mungkin mengajar di samping melakukan penelitian. Biasanya, penelitian mereka memungkinkan mereka memiliki jadwal kerja yang normal, berbasis di satu lokasi, dengan gaji dan tunjangan yang baik.
Disiplin apa yang berkaitan dengan biokimia?
Biokimia berhubungan erat dengan ilmu biologi lainnya yang berhubungan dengan molekul. Ada banyak tumpang tindih antara disiplin ilmu ini:
  • Genetika molekuler
  • Farmakologi
  • Biologi Molekuler
  • Biologi Kimia

Fakta Biokimia

Biokimia adalah studi tentang biomolekul penting dan reaksi kimia yang memfasilitasi aktivitas fisiologis sehari-hari organisme hidup. Anda bisa belajar lebih banyak tentang proses menarik ini yang terjadi di dalam makhluk hidup. Biokimia berkaitan dengan studi tentang proses kimiawi kompleks dan sederhana yang terjadi di dalam tubuh manusia dan berbagai elemen biokimia yang terlibat dalam proses ini.
  • Referensi awal untuk bidang biokimia telah terlihat sekitar 400 tahun. Meskipun penggunaan istilah ini terlihat pada tahun 1882, Carl Neuberg pertama kali mengajukannya pada tahun 1903.
  • Beberapa molekul bio-dasar yang dipelajari di bidang ini secara luas dikategorikan sebagai molekul kecil, monomer, dan polimer. Pada dasarnya molekul yang lebih kecil dapat dikelompokkan menjadi monomer, yang pada gilirannya jika dikombinasikan dengan monomer lain dapat membentuk polimer.
  • Beberapa biomolekul dasar meliputi lipid, fosfolipid, glikolipid, sterol, vitamin, hormon dan karbohidrat. Lipid larut dalam lemak yang penting untuk penyimpanan energi dan juga penting sebagai komponen struktural membran sel. Lipid dibagi menjadi delapan kategori, yaitu asil lemak, gliserolipid, sphingolipid, gliserofosfolipid, sakarolipid, polipidin, lipid sterol dan lipida prenol.
  • Vitamin adalah senyawa organik yang tidak dapat disintesis dalam jumlah yang cukup oleh organisme, namun harus diperoleh dari makanan. Vitamin memiliki berbagai fungsi biokimia yang sangat penting bagi organisme hidup. Vitamin bertindak sebagai hormon, anti oksidan, mediator pensinyalan sel, serta mengatur pertumbuhan dan diferensiasi sel dan jaringan.
  • Hormon adalah zat kimia pembawa sinyal antara sel sel melalui aliran darah. Utusan ini diklasifikasikan sebagai hormon endokrin dan eksokrin tergantung pada lokasi sekresi mereka. Yang pertama adalah yang disekresikan langsung ke aliran darah, sedangkan yang terakhir disekresikan ke dalam saluran, dari tempat mereka dibawa ke organ target. Karbohidrat hanyalah gula dasar atau senyawa organik sederhana, yang bertanggung jawab atas penyimpanan dan pengangkutan energi, dan juga berperan sebagai komponen struktural.
  • Enzim adalah biomolekul penting lainnya yang merupakan protein, yang bertindak sebagai katalis dalam berbagai reaksi kimia. Aktivitas enzim dapat dikontrol dengan bahan kimia spesifik tertentu, yang dikategorikan sebagai aktivator enzim yang memulai dan mempercepat aktivitasnya, dan penghambat enzim yang menghambat aktivitas ini.
  • Monomer mencakup berbagai biomolekul seperti asam amino, nukleotida, fosfat, dan monosakarida. Asam amino adalah blok protein. Selain itu, dua puluh asam amino standar digunakan oleh sel dalam biosintesis protein. Asam amino bergabung dengan ikatan peptida selama pembentukan protein. Nukleotida adalah unit struktural RNA dan DNA. Basis nitrogen, gula, dan adanya satu atau lebih gugus fosfat adalah karakteristik dasar nukleotida. Dua kelompok utama basis nitrogen meliputi purin dan pirimidin. Fosfat tidak lain adalah garam asam fosfat, yang merupakan biomolekul penting. Kelompok monomer juga termasuk gula tunggal yang disebut monosakarida, yang tidak dapat dipecah menjadi gula sederhana, dan umumnya tidak berwarna, kristal, dan larut dalam air.
Cabang kimia ini mengacu pada mekanisme kimia vital, yang mendasari aktivitas fisiologis rutin dalam kehidupan kita sehari-hari. Biokimia digunakan untuk mempelajari proses biokimia pada tumbuhan, hewan, mikroorganisme, dan juga manusia.

sumber

No comments:

Post a Comment